Pegiat Suara Kota 107,7 FM Olah Sampah Jadi Kerajinan

Sampah memang menjadi masalah serius dipelbagai tempat. Hal ini diperburuk dengan rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah.

Kegiatan Pegiat Suara Kota 107,7 FM Mengolah Sampah Menjadi Kerajinan

Minimnya informasi tentang dampak sampah yang diterima masyarakat membuat masayarakat kurang sadar pentingnya pengelolaan sampah. Masyarakat masih membuang sampah sembarangan, di sungai, diselokan bahkan di sembarang tempat dalam area publik.

Tak jarang sampah menjadi sumber penyakit, menyebabkan banjir dan mencemari lingkungan. Namun, jika sampah dikelola, sampah dapat diolah menjadi barang berguna bagi kehidupan dan memiliki nilai ekonomis, diantaranya kertas daur ulang, kompos, dan barang kerajinan.

Berangkat dari kesadaran itu, beberapa orang pegiat Suara Kota 107,7 FM berinisiatif melakukan pengelolaan sampah menjadi barang kerajinan. Kegiatan ini juga dijadikan wadah sosialisasi informasi pengelolaan sampah yang baik kepada pendengar Suara Kota 107,7 FM dan masyarakat.

Beragam sampah plastik dari pembungkus makanan kemasan, pembungkus detergen, kantong belanja dan pembungkus shampo diubah menjadi kerajinan tas. Sampah plastik yang diubah menjadi barang kerajinan tersebut dikumpulkan dari sampah di sekretariat Suara Kota 107,7 FM yang berasal konsumsi pegiat.

Langkah pengelohan sampah menjadi barang kerajinan ternyata cukup mudah dilakukan. Pertama, sampah plastik dipisahkan dari sampah cair dan dibersihkan dari kotoran yang melekat. Lalu, sampah plastik plastik yang telah dibersihkan tersebut di gunting menjadi lembaran plastik kecil sesuai motif yang diinginan.

Lembaran plastik berukuran kecil tersebut kemudian dijahit menjadi lembaran yang berukuran lebih lebar hingga menyerupai kain. Kain-kain plastik tersebut selajutnya dibentuk berdasarkan dipotong dan dijahit sesuai pola barang kerajinan yang dinginkan, seperti tas, kantong belanja dan tempat sepatu.

Pengolahan sampah menjadi barang kerajinan ini memiliki nilai ekonomis. Tas, kantong belanja, maupun tempat sepatu yang dihasilkan memiliki motif yang khas dan dapat di jual pada kegiatan pameran maupun bazar. (Redyson)

One thought on “Pegiat Suara Kota 107,7 FM Olah Sampah Jadi Kerajinan

  1. 25/01/2013 at 04:45

    Langkah kreatif untuk manfaatkan limbah. Ini membantu gerakan lingkungan. Mari dilanjutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *