Tongsis, Produk Ciptaan Indonesia Yang Mendunia

Tongsis Untuk Keperluan Fotografi (Foto : http://bit.ly/2ay1MqV)

Tongsis Untuk Keperluan Fotografi (Foto : http://bit.ly/2ay1MqV)

Perkembangan teknologi telepon seluler (ponsel) saat ini mempermudah orang untuk mengambil foto di mana pun dan kapan pun. Seiring makin gampangnya orang memotret lewat ponsel, kini muncul fenomena foto selfie atau memotret diri sendiri dengan ponsel.

Karena memotret diri sendiri hanya bisa menempatkan ponsel sejauh jangkauan tangan sehingga latar foto menjadi terbatas maka kini dengan bantuan sebuah tongkat orang bisa berofoto selfie dengan latar yang lebih luas dan jauh. Tongkat itu dikenal dengan nama tongsis atau tongkat narsis.

Siapa sangka, ternyata ide orisinal tongsis itu berasal dari orang Indonesia bernama Anindito Respati Giyardani atau akrab dipanggil Babab Dito.

Anindito Respati Giyardani, Orang Indonesia Pencipta Tongsis (Foto : http://bit.ly/2aszRG7)

Anindito Respati Giyardani, Orang Indonesia Pencipta Tongsis (Foto : http://bit.ly/2aszRG7)

Babab mengaku awalnya dia menamai alat itu tongkat ajaib. Tapi kemudian supaya lebih enak didengar dan lebih menjual jadilah namanya tongsis alias tongkat narsis.

Ide awalnya karena Babab ingin menciptakan alat yang memudahkan setiap orang mengambil potret dirinya sendiri tanpa harus meminta tolong orang lain. Ide itu kemudian tersambung lewat monopod yang dimilikinya. Kemudian, iseng-iseng dia sambungkan dengan pengikat ponsel yang biasa dipakai sekadar untuk memajang ponsel di etalase.

Babab mengaku, tak pernah menyangka ide yang bermula dari hobi selfie-nya ini justru menghasilkan uang. Dia pun kemudian memaatenkan produk ciptaannya itu pada 2012.

Kini ada beberapa negara yang menjadi pemasok setia tongsis buatan Babab. Seperti sejumlah negara Asia Tenggara, hingga merambah ke Korea Selatan, Jepang, Cina, dan Inggris. (Nikmatulloh)

Related Post

One thought on “Tongsis, Produk Ciptaan Indonesia Yang Mendunia

  1. Dino
    04/12/2016 at 20:28

    Tongsis = tongkat narsis

    hehe..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *